Tuesday, October 8, 2013

Kereta Ekonomi : Dahulu dan Sekarang

Buat yang hobi backpacker-an ke daerah di Jawa Tengah atau Jawa Timur, kereta ekonomi adalah pilihan yang pertama terlintas di kepala. Murah adalah pertimbangan utama untuk para backpacker. Masih kebayang kan suasana kereta ekonomi beberapa tahun yang lalu? segala macem ada.. mulai dari pedagang asongan, tukang sapu dadakan, pengamen sampe tukang semprot2 pengharum ruangan hilir mudik didalam kereta. Belom lagi pas kedapetan tiket dengan stempel "berdiri"diatasnya. Aww..




Mungkin kalian gak akan ngalamin hal yang kayak gitu lagi. Udah tau kan yaaa kalo kereta ekonomi udah dimusnahkan dari sistem per-keretaapi-an di Indonesia? Yap.. kereta ekonomi ini sekarang naik derajat dengan tambahan AC, tentunya dengan tambahan tarif pula, yang biasanya ke Jawa Timur sekitar 50ribu-an sekarang naik menjadi 130ribu-an. Selain itu, tidak diperkenankan lagi ada penumpang yang berdiri. Jadi tiket dijual sesuai dengan jumlah bangku di dalam kereta.

Selain perbedaan tarif, sekarang pedagang asongan, pengamen, tukang sapu-sapu dan temen-temennya yang metal2 dilarang masuk ke dalam gerbong kereta. Biasanya pedagang asongan akan menawarkan dagangannya ketika kereta berhenti di stasiun. Itu pun lewat jendela. Tapi ada juga beberapa pedagang yang nakal dan masuk ke dalam kereta, namun langsung ditegur oleh Polsuska - polisinya kereta -

Polsuska - polisinya kereta -
*foto diambil dari okezone.com*
Jadi tertib sih tapi ini dia nih.. dimana balada kereta ekonomi AC dimulai. Waktu perjalanan Backpacker-an ke Gunung Argopuro kemarin, ceritanya saya terbangun sekitar jam 7 malem di dalem kereta, waktu itu udah hilang orientasi, gak tau udah nyampe mana, secara berangkat dari Jakarta jam 2 siang, yang jelas saya udah bau besi dan laper. Sempet dibawain nasi sih sama ibu kuh tercintaaaaa.. tapi itu kan cuma sekali makan, sedangkan saya ini kalo di kereta bisa banyakkali makan :D. saya sempet ngarep ketemu tukang pecel atau tukang apapun itu karena demi ampun saya laper. Ternyata gak ada.

Saya pun keingetan sesuatu : Oiya! Restorasi! bergegas saya jalan ke gerbong restorasi, mesen dua porsi nasi goreng dan minta dianter ke bangku tempat saya dan tujuh orang temen saya duduk. Ternyata sampe subuh tiba, itu abang gak pernah dateng. TEGA (T_T)

Walaupun kelaperan, tapi saya agak berbahagia dengan toiletnya yang lebih manusiawi ketimbang dulu. Jujur kacang ijo.. saya paling anti make toilet di kereta, secara dapet cerita horor dari temen2 kalo toilet disana itu bau, kotor dan airnya gak ada. 

Kemaren waktu perjalanan Backpackeran ke Gunung Argopuro , untuk pertama kalinya saya nyobain toilet di dalam kereta ekonomi. Itu pun perlu waktu setengah jam untuk mempersiapkan segala kemungkinan buruk, seperti "aduh kalo bau apa yg saya harus lakukan?? nafas pake mulut? apa gak nafas sama sekali?" yes.. as galau as that.

Akhirnya saya memberanikan diri untuk memasuki ruangan 2x1 meter yang dulu paling anti saya datangi. Alhamdulillahnya sodara-sodara... gak bau, bersih dan airnya lancar jaya.. ye ye ye ye..!









Tapi untuk menikmati kereta ekonomi versi baru ini.. kamu harus booking terlebih dahulu. Kalau jaman dulu kan mau berangkat, dateng ke stasiun, ngantri dan dapet tiket. Sekarang agak sulit untuk bisa seperti itu. Biasanya tiket dipesan sistem online, baik di situs resmi pjka maupun di mini market yang tersebar di antero Jakarta ( baca : indomaret ). Nanti bukti pemesanan dituker dengan tiket asli di stasiun keberangkatan. No pain no game sih intinya. Kalau mau enak ya harus usaha.

Gimana? tertarik untuk mencoba?
Yuk.. backpackeran!


regards

3 comments: