Monday, December 3, 2012

Backpacking Pangandaran : One Stop Destination!


Wilayah Jawa Barat memang memiliki potensi wisata yang tersebar di berbagai penjuru. Dari ujung ke ujung kamu bisa menemukan destinasi dari banyak wisata, mulai dari wisata gunung, wisata bahari sampai wisata budaya dan kuliner juga ada. Salah satu daerah yang memiliki paket komplit dalam hal spot terbaik untuk dikunjungi adalah daerah Pangandaran.



Selain tempat wisatanya yang segambreng, akses menuju kesana cukup mudah. dari Jakarta, kamu bisa naik bus Perkasa Jaya jurusan Pangandaran dari terminal Kampung Rambutan seperti pengalaman saya di Trip Pangandaran Sekuel Pertama. Bis ini terakhir jam 21.00 jadi pastikan sampai sana on time ya. Alternatif kedua adalah dari terminal Grogol naik bus Merdeka jurusan Pangandaran seperti perjalanan saya di Trip pangandaran Sekuel Kedua. Tarif kedua bus ini hampir sama yaitu 50-55ribu rupiah.

Bagi kamu yang tidak suka macet dan gerah selama perjalanan, saya sangat merekomendasikan untuk naik bis terakhir Perkasa Jaya yakni jam 21.00WIB. Selain tidak gerah, resiko macet pun bisa diminimalisir. Waktu tempuh Jakarta - Pangandaran dengan bus kurang lebih 7 jam.

Sesampainya di terminal Pangandaran, akan banyak becak yang menawarkan "paket keliling cari penginapan sampai dapat" dengan harga 20ribu rupiah. Bila kamu sudah tau penginapan mana yang mau dipilih lebih baik jalan kai saja, karena tidak terlalu jauh jaraknya. Namun apabila kamu masih bingung dan mau survey beberapa penginapan, pilihan paket keliling tadi boleh dipertimbangkan dan ditawar tentunya.

Sebaiknya tawar menawar tetap dilakukan saat mencari penginapan, karena masih banyak penginapan yang bukan fixed rate. Harga penginapan sangat bervariasi mulai dari 100ribu sampai setara dengan hotel. Oiya musim liburan juga mempengaruhi harga penginapan.

Penginapan sudah dapat, saatnya cari tau tempat apa saja yang bisa dikunjungi disini. Berikut referensi yang bisa saya sharing dari dua babak trip ke Pangandaran yang pernah saya lakoni.

Wisata Pantai

Pantai Pangandaran


Pantai Pangandaran adalah pantai yang paling terkenal. Pantai ini termasuk pantai yang landai, di sekitar pantai sudah banyak rambu tanda evakuasi kalau suatu saat terjadi tsunami. Di pinggiran pantai, banyak pedagang yang menjajakan jajanan khas pinggir pantai seperti es kelapa dan seafood. Letaknya yang dekat dengan penginapan membuat pantai ini sangat ramai terlebih di akhir weekend. 
















Pantai Batu Karas

Kalau kamu mencari pantai yang lebih tenang dan tidak terlalu ramai, mungkin Pantai Batu Karas pilihannya. Pantai yang terletak kurang lebih 34km dari Pangandaran ini masih tergolong sepi dan tenang dibandingkan Pantai Pangandaran. Pantai ini juga tergolong pantai yang landai dan ombak yang bersahabat. Di sekelilingnya banyak penginapan yang sedang dibangun, menandakan banyaknya wisatawan yang mulai melirik pantai ini sebagai pantai yang wajib dikunjugi selain Pantai Pangandaran. Di pantai ini, kamu bisa memandang lautan dari atas bukit kecil.











Pantai Batu Hiu

Pantai lain yang bagus untuk dikunjungi ketika berada di sekitar Pangandaran adalah pantai Batu Hiu. Pantai ini berjarak kurang lebih 14 km dari Pangandaran. Di pantai ini banyak terdapat batuan besar yang menambah keindahan pantainya yang landai.





Body Rafting 

Bosan cuma duduk diam di pinngir pantai? Saatnya kamu mencoba Body Rafting! Ada beberapa objek wisata yang menawarkan sensasi adrenalin yang sedikit berbeda yaitu body rafting atau menyusuri sungai tanpa perahu hanya menggunakan pelampung saja. Dimana saja? ini dia!


Green Canyon
Green canyon bisa dikatakan salah satu primadona wilayah sekitar Pangandaran. Airnya yang hijau kebiruan bisa membius mata dalam sekejap. Membawa baju ganti adalah hal yang wajib dilakukan kalau kamu berkunjung kesini karena airnya yang hijau kebiruan kadang mengubah niat kita yang tadinya tidak mau terjun menjadi asik main air.



Citumang

Salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi untuk body rafting adalah aliran sungai Citumang yang tidak kalah bagus dari Green Canyon. Objek wisata ini terletak di Desa Bojong, Kecamatan Parigi Ciamis atau sekitar 15Km dari Pangandaran. Dari hulu sungai, kamu bisa mencoba terjun bebas di air terjun mini sekaligus melanjutkannya dengan body rafting.















International Kite Festival

Pangandaran juga merupakan salah satu tempat yang biasa dipakai untuk Festival Layang- layang Internasional lhoo... Di festival ini kamu bisa menyaksikan layangan dari berbagai negara mulai dari Malaysia, Cina sampai Australia. Kamu bisa mencocokkan jadwal trip ke Pangandaran dengan jadwal Kite Festival agar trip kamu ke Pangandaran semakin komplit


















Bagaimana? Tertarik?
Yuuk segera susun itinerary-nya.. dan nikmati one stop destination di Pangandaran.
Seru!

Regards,





























4 comments:

  1. seru infonya...
    lebih lengkap klo pengalamanya di tambah dengan harga hotel, makan ikan, green canyon dll, jd kita tau budgetnya.

    ReplyDelete
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Selamat sore mba putri.. Mbak ikut lomba blog enjoy jakarta dari viva log kan? Mbak putri dihubungi dari viva log untuk datang tanggal 11 desember ke acara 10 nominasi yang terpilih?

    Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak ikut lombanya.. dihubungin dari vivalog tapi itu karena saya daftar di workshop blogging itu.. dan beruntung jadi pesertanya, bukan karena terpilih jadi 10 nominasi mbak :)

      Delete