Monday, December 10, 2012

Yuuk Kenalan sama si Menopause


Pepatah lama bilang.. tak kenal maka tak sayang.. tak sayang maka tak suka.. . Nah buat para perempuan, ada baiknya mengenali si menopause ini karena sebenarnya menopause bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan kedatangannya karena menopause ini adalah normal dan setiap perempuan akan mengalaminya.














Apa sih menopause itu?
Menopause adalah periode terhentinya haid secara permanen. Terjadinya bervariasi pada setiap perempuan, antara usia 40 - 65 tahun.

Bisa gak sebelum usia 40 tahun terkena menopause?
Bisa. Namanya Menopause Prekoks. Biasanya terjadi pada perempuan dengan penyakit Lupus, perempuan dengan pengangkatan ovarium atau perempuan yang menjalani kemoterapi.

Bagaimana kita tau kalau seorang perempuan sedang dalam masa menopause??
Caranya tanyakan saja kapan terakhir kalinya mendapatkan menstruasi. Karena dikatakan menopause apabila dari menstruasi terakhir diikuti dengan tidak dapatnya haid selama 12 bulan kedepan. Kalau mau lebih yakin, caranya dengan memeriksakan kadar hormon ke laboratorium, dimana hormon FSH tinggi sedangkan hormon estrogen rendah

Kenapa sih menstruasi kok bisa berhenti?
Iya karena adanya penurunan fungsi ovarium sehingga pembentukan hormon-hormon pun terganggu yang pada akhirnya menstruasi bisa terhenti sama sekali

Terus, apa aja gejalanya?
Dari segi fisik, maka gejala yang sering dialami adalah hot flush atau arus panas yang terasa di sekitar muka dan jari-jari, keringat malam yang banyak, perubahan pada kulit dimana kulit tidak sekencang dulu serta kekeringan vagina yang bias berakibat sakit saat berhubungan intim.
Kalau dari segi psikis ingatan menurun, mudah tersinggung, stress dan kurang bersemangat

















Menopause bisa disembuhkan gak sih?
Well.. berhubung menopause BUKAN penyakit, tentu aja tidak bisa disembuhkan, tapi gejalanya bisa dikurangi.

Caranya??
Yang pertama, tanamkan mindset bahwa menopause adalah sesuatu yang normal sehingga resiko stress bisa diminalisir. Berhubung gejala fisik yang dirasakan saat masa menopause itu disebabkan karena menurunnya hormon estrogen, maka pengurangan gejalanya dengan menambahkan hormon estrogen buatan / sintesis ke dalam tubuh atau yang dikenal dengan Terapi Sulih Hormon / Hormon replacement Therapy yang bisa didapat setelah berkonsultasi dengan dokter.

Kalau saya takut minum obat?
Ada cara lain, yaitu mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kedelai. Karena berdasarkan penelitian kacang-kacangan seperti kedelai banyak mengandung fitoestrogen ( estrogen alami ). Karena bersifat alami, tentu saja efek samping pun sangat kecil.

Ooo gitu ya?
iyaa.. begitu, tapi yang penting adalah cara kita dan mental kita menyikapi si menopause ini. Jadi jangan takut yaa sama menopause.. ia adalah normal dan alamiah sebagai salah satu siklus hidup perempuan.


Yang akan menopause,

1 comment: