Wednesday, June 18, 2014

River Tubbing Sungai Oyo!

Setelah sesi ssusur selusur Goa Gelatik dan cave tubbing di Goa Pindul berakhir, masih dihari keempat sesi Backpacker Jogjakarta dan masih ditemani oleh Pak Kejar sebagai guide, saya beranjak menuju Sungai Oyo untuk mencicipi sensasi river tubbing. River Tubbing Sungai Oyo ini merupakan salah satu wisata yang dimiliki oleh Desa Bejiharjo, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta selain Goa Pindul dan Goa Gelatik. Jarak antara Goa Pindul dan Sungai Oyo tidak begitu jauh, hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit melewati areal persawahan.

saya minum dua!
Eniwei, river tubbing ini kurang lebih mirip dengan cave tubbing, sama-sama menggunakan ban karet untuk menyusuri sungai, tapi kali ini sungainya tidak berada didalam goa. Panjang sungai Oyo yang akan disusuri kurang lebih 1.5 Km dengan durasi antara 1-1.5 jam. Pertama kali turun ke Sungai, agak kaget karena ban karet yang saya tumpangi meluncur di riak air sementara Pak Kejar sebagai guide nun jauh dimato. (-_-')

gak panik
Agak panik
Time to panic!
Tapi terlepas dari opening act-nya yang "begitu", sebenarnya riak sungai Oyo ini terbilang tenang, karena sedang musim kemarau sehingga debit air berkurang yang ujung-ujungnya membuat arus sungai tidak terlalu deras. *Fiuhh

Di sepanjang river tubbing ini, yang paling mencuri perhatian adalah relief bebatuan khas area karst di sepanjang Sungai Oyo. Bentuknya lucu, seolah dipahat, padahal terbentuk dari kikisan aliran sungai Oyo.  

Lucu yaa.. *batunya maksudnya :)
Selain itu, another breath taking view nya adalah adanya beberapa air terjun di sepanjang sungai Oyo ini, mulai dari yang kecil, sampai yang besaaaaaar.

Mulai dari sekecil ini
segini
Sampai sebesar ini!
Disuguhi pemandangan yang kayak begitu, yakinlah kalau jarak tempuh 1.5 Km dan waktu tempuh 1 jam itu berasa super singkat! karena gak terasa saya udah sampai di titik terakhir sesi river tubbing. Dengan berakhirnya river tubbing Sungai Oyo ini, berakhir pula hari keempat di sesi backpacker Jogjakarta. 


*bersambung

1 comment:

  1. mbak, fee untuk pak kejar berapa yaa dari goa gelatik, goa pindul, sampe di sungai oyo ini?
    pertama kali ke goa gelatik langsung ketemu pak kejar atau gmn mbak?
    dari goa gelatik ke goa pindul sm sungai oyo jalan kaki ya mbak?

    terima kasih, maaf banyak nanyanya ^_^

    ReplyDelete