Saturday, March 14, 2015

Backpackeran Ke Bromo : Yeay! Acil Lulus SIM B!

Malem itu, saya lagi gelosoran di lantai kamar, saat Acil, transmigran dari Planet Namec, tiba-tiba aja bbm ke saya. "Ayo puutt, kemana kita?" tanyanya di dalam bbm. Saya agak kaget. Bukan apa, biasanya kalo ini anak mau nongol, suka didahului sama wangi kembang gitu. Belum sempat saya bales bbmnya, Acil udah memberondong saya dengan pertanyaan lain, "Semeru?? budget berapa?" 

Saya yang lagi males banget hiking, langsung mengkambing-hitamkan cuaca "Cuaca lagi jelek cil", keliling kota aja dah, kota apaaaa gitu". Acil lantas menyodorkan satu nama kota : Malang. Bicara tentang Malang, maka destinasi yang paling terkenal adalah Bromo. Ngebayangin lautan pasir dan kemungkinan saya bisa nyaru-nyaru dikit kayak Dian Sastro di film Pasir Berbisik membuat saya langsung mengiyakan ajakan Acil.

Maka tiga hari kemudian berangkatlah kita ke Bromo.

Ada satu rumus yang terkenal di dunia travelling. Rumusnya adalah.. semakin banyak orang yang ikut maka semakin murah biaya ngetripnya. Ini karena peserta patungannya menjadi lebih banyak untuk hal-hal yang bisa di share-cost, contohnya adalah sewa homestay atau mobil. Dan ketika memutuskan untuk ngetrip bareng Acil ke Bromo, kekhawatiran yang paling mendasar adalah masalah sewa jeep. Berdasarkan informasi yang saya dapet dari blog-blog orang, untuk bisa meng-eksplor Bromo, maka kita harus sewa jeep dengan tarif yang cukup bikin dompet mules apabila cuma dibagi berdua.

Benar saja, begitu sampai di loket masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, banyak mamang-mamang bertopi kupluk dan keredongan sarung menawarkan jasa penyewaan jeep.
"murah neng.. 450ribu buat liat sunrise sama ke kawah Bromo, kalo nambah ke Pasir Berbisik cuma 550 ribu, sekalian ke bukit teletubbies jadi 650 ribu" tawarnya panjang lebar. Harga ini jauh lebih mahal dibandingkan harga yang saya tau dari mbah gugel. 

Saya ngelirik Acil. 650ribu?? dibagi dua?? satu orang 325 ribu untuk eksplor Bromo? ya ampun.. ini mah seharga 4 hari eksplor Jogjakarta! Saya dan Acil yang sama-sama menganut prinsip ekonomi dengan modal sekecil-kecilnya mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya, jelas merasa perlu berfikir ribuan kali sebelum memutuskan untuk menyewa jeep. "Gini aja deh mas, nanti kalo kita tertarik, kita balik lagi ke posko ini ya" tolak saya, halus. Setelah berhasil lari dari kejaran mamang-mamang bersarung, saya dan Acil terdampar di warung gorengan yang berada gak jauh di belakang loket masuk. Disitulah kami ketemu sama Mas Slamet. 

Setelah beberapa lama ngobrol bareng mas Slamet, tiba-tiba dia menawarkan sesuatu, "ataaaau.. mbak sama masnya mau naik motor?". Saya berusaha meyakinkan apa yang baru aja saya dengar, "Naik motor?? semacam ojeg gitu?". "Iya mbak, ojeg" jawab mas Slamet. "150rb, dianter ke 4 tempat : liat sunrise di Pananjakan, Kawah Bromo, Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies.. Sepuasnya!" jelas Mas Slamet mantap. Saya ngelirik Acil "Gimana cil?"

Belum sempat Acil menjawab, mas Slamet menawarkan opsi lain. "atau mau bawa motor sendiri??"
"NAKH ITHUU.." Acil menjawab penuh semangat sambil mulutnya monyong-monyong ngunyah gorengan tempe menjes. "gimana kalo KITA boncengan aja?!" tanya Acil sambil ngelirik saya. Merasa kalo nyawa saya sedang dipertaruhkan disini, saya bertanya cemas ke Acil, "Lo.. yakin bisa?".
Acil malah nanya balik ke Mas Slamet. "Jalanannya BIASA aja kan mas?"
"biasa aja kok mas, sampeyan udah biasa bawa motor kan?". Acil menggangguk jumawa.

Besoknya, pagi-pagi buta, Mas Slamet udah nganterin motor. Motornya baru pula. Sungguh malang nasib motor ini. Dia gak tau kalo bakal dikendarain sama Acil, remaja tanggung yang puber atau gaknya aja belum jelas. Acil mulai menstarter motor. "ayok put" katanya memberi aba-aba. Saya nelen ludah. Acil pasang muka serius, "Lo harus yakin put" katanya. "Lo. Harus. Yakin. Kalo. GUE. BISA". Setelah berdoa macem-macem, saya naik dan motor pun beranjak turun ke lautan pasir

10 menit kemudian,

Tiba-tiba ban motor slip di atas pasir. Stang motor bergerak brutal ke arah kanan kemudian ke kiri. Begitu seterusnya.  "PUT, PUT, SERIUS PUT.. LICIN INI" Acil jejeritan horor. Saya nahan napas di jok belakang

20 menit kemudian,

"PUT, PUT, INI KENAPA STANGNYA KE KANAN?? GUE KAN MAU BELOK KE KIRI!"
Saya stress berat, "MANA GUE TAU, CUMI!" 

Setelah melewati beberapa kali adegan hampir-jatuh-gabruk, toh akhirnya saya dan Acil berhasil eksplor Bromo di empat titik mulai dari Pananjakan, Kawah Bromo, Pasir Berbisik sampai Bukit Teletubbies, dari jam 4 pagi sampai jam 12 siang. Puaaaaasss!

Sesampainya di homestay dengan selamat, setengah tertawa, saya berkata ke Acil,
"Selamet cil, Lo lulus sim C!"
"ENAK AJA!" Acil sewot, "Gue lulus Sim B : Sim BROMO!"

Saya ketawa ngakak.

dan ini pelengkap cerita diatas :)

Arah pulang dari Pananjakan
Kelebihan naik motor ketimbang jeep adalaaaah..
bisa berhenti seenak udelnya untuk foto-foto  :D
pertanyaannya : siapa yang lupa matiin kompor?
Mamang Acil :D
Iya. Kita mau nyaingin Teletubbies dengan membuat grup baru : Teletubless
Keliatan cool ( Padahal aslinya kaki pada gemeteran )
Hampir-jatuh-gabruk ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatan jiwa 

Eniwei, trip ini belum selesai. Kita masih harus menempuh ratusan kilometer menuju destinasi selanjutnya yang pastinya gak kalah heboh dan gak kalah bodoh dari yang ini. Haha.

Stay tuned terus yha :)



yang bahagia selalu,

2 comments:

  1. wah keren mbak Putri, aku sampe ketawa ngakak loh ngebayanginnya.. btw boleh tau ga sewa motornya dari mana, september kaya aku mau ngetrip kesana start pasuruan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe. iya Tik.. maklum ngetrip bareng amnusia setengah dodol. Boleh ke Mas Slamet aja, ini cp nya : 082146533348. Harga nego aja ya sama masnya :)

      Delete