Saturday, August 9, 2014

Backpacker Jogjakarta part 5 : Pantai Pok Tunggal- Sundak- Siung- Krakal- Kukup

Selamat dataaaang di Backpacker Jogjakarta itinerary hari kelima!

Setelah sebelumnya ngabisin satu hari di Desa Bejiharjo dengan wisata yang berbau adrenalin ( cerita lengkapnya disini ), di hari kelima ini saya -yang masih penasaran dengan keindahan pantai-pantai di kabupaten Gunung Kidul- akan kembali kesana tapi dengan tujuan pantai yang berbeda. Hari ini saya akan mengunjungi Pantai Pok Tunggal, Pantai Sundak, Pantai Siung, Pantai Kukup dan Pantai Krakal.

happines is.. seeing the sky and the sea ^^

Setelah pamit dengan pemilik homestay di Desa Bejiharjo-Ibu Wargono, saya melanjutkan perjalanan dengan ojeg ke terminal Wonosari. Dari sana perjalanan saya lanjutkan dengan menumpang bus 3/4 jurusan Pantai Baron. Saya memutuskan untuk menjadikan Pantai Baron sebagai starting point.

Dari pinggir jendela, saya menikmati perjalanan menuju ke Pantai Baron. Jalanan yang berkelok-kelok didominasi oleh hutan semi perkebunan penduduk. Jarak antara rumah satu dengan rumah yang lain terbilang jauh, sementara bus yang saya tumpangi hanya berisi beberapa orang saja. Beberapa dari mereka menatap saya dengan pandangan heran begitu tau saya hanya seorang diri.

Cuaca siang itu sangat terik, syukur alhamdulillah cuaca yang kayak gini emang cocok buat main-main ke pantai. Saking teriknya, saya jadi kepikiran mendadak untuk menjemur baju! Segera saya mengeluarkan baju basah yang kemarin saya pakai waktu river tubbing di Sungai Oyo dan dengan cueknya saya menjemur baju di samping jendela bus. :D

darurat baju :D
Setibanya di Pantai Baron, saya sempet nge-hang. Errr.. gimana caranya ke Pantai Pok Tunggal dari mari. Lagi celingak-celinguk, ada seorang bapak paruh baya, penjaga villa di Pantai Baron sekaligus merangkap tukang parkir disana yang menyapa -Pak Bejo namanya. Ngobrol punya ngobrol, si bapak nawarin diri untuk mengantar saya ke Pantai Pok Tunggal yang tanpa pikir panjang saya iya-kan. Yeayyy (^0^)/

Perjalanan ke Pantai Pok Tunggal cukup jauh, belum lagi ditambah jalan masuk menuju pantai yang cukup terjal dan penuh bebatuan. Butuh kelihaian yang cukup tinggi bagi pengendara motor. Jalanan terjal tadi berlangsung sepanjang kurang lebih 2KM namun berujung manis dengan hamparan pasir putih dan birunya laut di Pantai Pok Tunggal. Cantik!

Di bawah Pok Tunggal ( Pohon tunggal ) yang terkenal itu
sudut di Pantai Pok Tunggal
Pantai selanjutnya yang saya kunjungi adalah pantai Sundak. Hoping Beach dengan sepeda motor memang jauh lebih efisien. Terbukti tidak berapa lama duduk diatas motor, saya sudah tiba di Pantai Sundak yang masih menawarkan pasir putih dan birunya air laut

Pantai selanjutnya adalah Pantai Siung. Pantai yang berupa cekungan sempit sepanjang 400 meter ini banyak memiliki jalur panjat tebing di kanan kiri tebing karst yang mengapit pantai ini.

Pantai ini membangkitkan hawa untuk tidur. Sepi dan syahdu ^^
Berlanjut ke pemberhentian berikutnya, Pantai Krakal. Pantai yang menurut saya memiliki garis pantai yang panjang ini berdekatan dengan Pantai Siung. Pantai ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa cottage yang ada di pinggir pantainya.

kenaliiiinn... ini garis pantai Krakal ^^
Sebagai penutup, Pantai Kukup sudah menanti, masih dengan sajian pantai pasir putih dan birunya langit serta lautnya yang cantik.

Birunya Pantai Kukup gak kalah cantik ^^
Birunya pantai Kukup menutup edisi hoping beach hari ini. Overall.. meskipun semua pantai yang saya kunjungi memiliki kecantikan yang sama persis, tapi entah kenapa saya paling suka dengan Pantai Pok Tunggal. Gak ngerti.. tapi rasanya satu pohon yang unik disana terlanjur membuat jatuh hati!

Akhirnya motor yang dikendarai oleh Pak Bejo kembali lagi ke Pantai Baron. Dari sini saya melanjutkan perjalanan dengan menumpang bus 3/4 jurusan Terminal Wonosari. Alhamdulillah saya masih sempat menaiki bus yang terakhir. Sekedar informasi bus ini terakhir jam 12.30 WIB dari pelataran Pantai Baron. Perjalanan ini berlanjut kembali ke arah kota Yogyakarta.. yap.. saya akan mengunjungi kampus Akademi Teknik Kulit Yogyakarta untuk latihan singkat sebelum caving ke Goa Jomblang di hari keenam besok. Cant wait for my very first caving experience. weehooooo!

Fyi :
tip untuk pak bejo : 50rb
tiket masuk pantai : gratis ( entah karena bukan hari libur ya? tapi gak ada yg mintain tiket ke saya )
bus wonosari - pantai baron : 8rb

Next : Backpacker Jogjakarta part 6 : Berburu Cahaya Surga di Goa Jomblang!

1. wow seru jd pengen backpacker bareng si mba >,<

1. boleh kita berkomunikasi, siapa tau ada waktu dan rencana yang pas hehe

2. Hi kak, mau tanya kalau dari turun bus Wonosari-Baron untuk ke pantainya (baron) harus jalan berapa jauh lg yah? Tq :)

1. Maap yaa br respon.. itu turun langsung kok di pantai baron.. jalan paling 5 menit ke bibir pantainya 😊